Alat - Alat Pada Batik ( Peralatan Membatik )


Picture by : http://www.batiksemarang.com

Batik merupakan hasil dari perpaduan antara teknologi dan seni. untuk menghasilkan batik yang baik, ada banyak faktor yang mempengaruhi, seperti bahan, peralatan, dan manusia saling berkaian dengan peranannya masing - masing.

Tidak hanya motif atau corak yang dibutuhkan untuk menciptakan sehelai batik yang indah, keluwesan dan ketelitian memilih bahan juga sangat diperlukan dalam proses pembuatan batik, sebab bahan yang berbeda akan menentukan seperti apa batik tersebut. Dengan demikian untuk menciptakan suatu karya yang indah, diperlukan juga peralatan yang memadai, karena peralatan sangat berperan dalam menciptakan suatu produk yang baik.

Pada umumnya, proses batik memerlukan bahan yang sederhana, baik dalam hal pengerjaan maupun peralatan. namun seiring berjalannya waktu, beberapa jenis peralatan batik mengalami perubahan yang disesuaikan dengan kegunaan dalam proses batik tersebut. Seperti jika biasanya kegiatan membatik dilakukan dengan media alat canting, maka dalam proses pembuatan batik lukis menggunakan koas sebagai pengganti canting, ataupun perubahan pada canting tulis yang menggunakan energi listrik (canting elektrik) karena dirasa lebih sederhana dalam hal pemakaian, juga lebih efisien.

Dalam proses batik, dikenal ada dua jenis alat untuk membuat kain batik yaitu canting tulis dan cap.
Canting tulis dibuat dari bahan tembaga tipis yang diberi gagang atau handle, dan tembaga tersebut dibentuk menyerupai wadah kecil untuk tempat lilin / malam panas yang kemudian dialirkan melalui cucuk yang berada pada ujung canting. Sedangkan cap batik terbuat dari tembaga yang dibentuk menyerupai stempel persegi atau disesuaikan dengan motif atau corak yang diinginkan. 

Picture by : http://blog.astoetik.com

Canting batik memiliki berbagai jenis bentuk cucuk yang disesuaikan dengan kegunaan cucuk - cucuk tersebut. Dalam membuat batik, penggunaan canting haruslah diatur sesuai dengan urutan - urutan prosesnya yang akan berpengaruh pada motif batik.

Picture by : http://kesolo.com

Canting Cecek
Canting isen - isen atau cecek yang digunakan untuk membatik bagian dalam dari motif inti atau motif utama, dan canting cecek ini mempunyai
karakter yang kecil - kecil sesuai namanya, dan detail yang disesuaikan dengan bentuk corak secara keseluruhan.

Canting Klowong
Canting ini digunakan untuk membatik bagian kerangka  motif bagian luar atau membuat pola awal pada kain batik, setelah selesai untuk membuat motif yang bercucuk besar dipergunakan untuk menutup bidang - bidang tertentu yang lebar dari kain batik.

Selain dua jenis alat utama membuat kain batik (canting dan cap) masih terdapat beberapa jenis peralatan lainnya, diantaranya ; gawangan untuk menahan kain, kompor, wajan, tempat pencelupak, meja pencoletan ataupun meja cap, wadah untuk pelorodan dan masih banyak lagi peralatan pendukung batik lainnya.




Komentar


  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217 :-* (f)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pounding Ecoprint Mudah

Cara membuat Shibori Tie Dye dengan Teknik Melipat (Itajime Shibori Tutorial)

Perawatan Produk Handmade seperti Batik dan Tie Dye Shibori Jumputan