Arti BATIK (Batik Tradisional Indonesia)


source pic : https://naningisme.wordpress.com/tag/batik/
"Ambatik" adalah asal kata dari batik, yang diartikan sebagai "kain dengan cecek (titik - titik kecil)" dan akhiran kata "tik" juga bermakna titik yang kecil, tetesan, membuat titik, atau sesuatu yang penting. Pengertian lain kata batik berdasar pada tinjauan bahasa Jawa, disebut "anulis" atau "anyerat" yang berarti menggambar dalam arti luas, atau menulis. Batik sangat erat kaitannya dengan orang jawa, meskipun batik tidak hanya di pulau jawa saja, namun masyarakat jawa percaya bahwa untuk penciptaan atau pengerjaan sehelai kain batik memiliki kekuatan gaib, sebagai "mbatik manah" yang berarti "membatik adalah pengerjaan menggambar yang dilakukan dengan sepenuh hati".

Secara metode pembuatan, Batik ialah proses penolakan warna atau teknik rintang warna dengan menggunakan lilin batik dan  canting ataupun cap. Penggunaan malam dilakukan untuk melindungi kain agar tidak terjadi perembesan warna pada saat akan melakukan proses pencelupan warna atau pencoletan pada kain.

source : http://tgifmag.com/batik-cap-untold-story/
Ada banyak sekali pengertian batik atau istilah batik, namun pada intinya batik adalah bahan sandang yang dibuat dengan gambar atau motif batik yang dilakukan melalui proses pembuatan dengan menggunakan lilin batik dan menggunakan alat canting ataupun cap.

Sementara pengertian pada desain batik adalah sebuah perencanaan terhadap susunan beberapa bentuk yang terdiri atas elemen garis, pola, corak, warna, komposisi, dan isian atau isen - isen dengan ukuran tertentu di atas sehelai kain putih polos yang digunakan untuk kelengkapan dan keperluan, contohnya seperti ; bahan pakaian, hiasan rumah tangga, interior, dan perlengkapan lain yang semuanya dimaksudkan untuk memperindah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pounding Ecoprint Mudah

Cara membuat Shibori Tie Dye dengan Teknik Melipat (Itajime Shibori Tutorial)

Perawatan Produk Handmade seperti Batik dan Tie Dye Shibori Jumputan