Kain Tradisional Jepang "SHIBORI"

SHIBORI itu apa?

sumber : http://honestlywtf.com/diy/

Shibori merupakan istilah kesenian dalam hal menghias sebuah kain melalui proses pencelupan antara kain dan zat warna. Dalam tekniknya, pembuatan Shibori tidaklah jauh berbeda dengan teknik Batik atau pun Tie and Dye , dimana sebelum zat warna masuk ke dalam serat kain, kain yang akan digunakan dilakukan proses perintangan warna, jika pada batik menggunakan canting dan malam / lilin panas, sedangkan pada shibori dilakukan perintangan dengan cara melipat, menjahit, menggulang untuk menghasilkan pola atau motif yang akan diwarna, dan yang akan "dilindungi"

Maksud daripada dilindungi disini adalah bagian yang akan dipertahankan warna awalnya, dari pencelupan yang akan dilakukan. teknik seperti menjahit, melipat, dan menggulang kain bertujuan menahan pewarna agar  tidak masuk ke bagian kain tertentu.

Proses Pembuatan SHIBORI 

Shibori terbagi menjadi beberapa metode, setiap metode yang dilakukan pada proses shibori akan menghasilkan motif atau corak yang berbeda juga.

Itajime Shibori


Teknik yang bisa dikatakan paling mudah dan banyak juga ditemui, Itajime Shibori dibuat dengan cara melipat kain yang akan diwarnai dengan beberapa lipatan yang berbeda, tergantung dari motif yang akan diciptakan, biasanya dilakukan lipatan seperti akordion, tujuannya adalah agar kain dapat terserap secara seimbang oleh bagian pewarna. Setelah dilakukan pelipatan, kain kemudian di press dengan menggunakan kayu di bagian bawah dan atas kain, lalu diikat hingga kencang sampai hanya bagian sisi - sisi lipatan yang terlihat. Tujuan dilakukannya press adalah agar bagian kain yang paling luar dapat terserap zat warna, sehingga yang bagian dalam terlindungi.

Kanoko Shibori

Hasil gambar untuk kanoko shibori
sumber : https://www.risingsunimports.com/
Teknik Kanoko, banyak sekali dijumpai pada Jumputan Palembang, diciptakan dengan cara mengikat kain secara acak ataupun mencubitnya terlebih dahulu lalu diikat. Teknik yang dilakukan ini menghasilkan motif berupa bercak atau lingkaran.

Dan masih banyak lagi, contohnya seperti : 

Arashi Shibori

Nui Shibori 

Kumo Shibori 

Miura Shibori 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pounding Ecoprint Mudah

Cara membuat Shibori Tie Dye dengan Teknik Melipat (Itajime Shibori Tutorial)

Perawatan Produk Handmade seperti Batik dan Tie Dye Shibori Jumputan