PANDUAN MEMAKAI BATIK || Jangan Jahit Batik Sebelum Membaca Ini


Batik sangatlah cocok dipakai di segala kesempatan, formal ataupun nonformal, bahkan banyak perusahaan mewajibkan untuk memakai batik pada hari tertentu di kantor atau perusahaan. Namun  masih ada yang keliru mengenai pemakaian batik, berikut adalah beberapa kesalahan yang mungkin dapat terjadi saat memakai batik : 
  1. Kenali motif yang ada di batik
Batik memiliki banyak sekali corak, dan setiap corak atau motif mempunyai filosofi tersendiri yang tersirat di dalamnya. Ada baiknya bertanya sebelum membeli batik yang disukai, seperti motif apakah yang ada di dalamnya, dan cocok untuk apakah batik motif tersebut dikenakan.
contoh posisi batik motif parang

  1. Ketahui posisi batik
Setelah membeli batik dan berlanjut untuk menjahitnya, bertanyalah mengenai seperti apa baiknya posisi batiknya, berkonsultasilah dengan desainer atau penjahit yang khusus menangani pakaian batik. Karena ada beberapa kejadian ketika batik motifnya terbalik, motif tidak tersambung, dan lainnya.
  1. Menyesuaikan jenis batik 
Maksud dari jenis disini bukanlah batik cap atau tulis, ataupun batik cirebon atau pekalongan, tapi jenis produk dari bentuk atau pola batik dibuat, apakah sudah dipola (khusus untuk kemeja atau blouse) atau tanpa pola seperti kain panjang, ataupun batik yang hanya untuk dipajang.

  1. Bahan dari batik
Kenali bahan yang akan dikenakan, dan sesuaikan dengan model yang ada, atau sesuai dengan kebutuhan. Seperti jika akan membuat kemeja dari bahan sutra, harus dilapisi dengan vooring yang sesuai dan nyaman ketika dikenakan, namun tetap indah dilihat. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pounding Ecoprint Mudah

Cara membuat Shibori Tie Dye dengan Teknik Melipat (Itajime Shibori Tutorial)

Perawatan Produk Handmade seperti Batik dan Tie Dye Shibori Jumputan