Perawatan Produk Handmade seperti Batik dan Tie Dye Shibori Jumputan



Pencucian 

Untuk pencuciannya, hindari penggunaan deterjen dan pemutih pakaian karena akan merusak warna pada kain, gunakanlah sabun khusus untuk batik contohnya Lerak, dikenal sebagai pencuci alami untuk batik yang diekstrak dari tanaman lerak. Jika sulit mendapatkannya, dapat menggantikannya dengan shampoo rambut.

Dalam proses pencuciannya, hindari penggunaan mesin cuci dan sikat tangan yang keras apalagi jika bahan dasar kain adalah tenun yang berserat, karena akan membuat permukaan tenun rusak, jika tidak terlalu kotor dapat dikucek dengan tangan sedikit demi sedikit. 


Pengeringan 

Setelah kain dicuci, keringkan kain atau pakaian di tempat yang teduh, jangan menjemur pakaian batikmu langsung dibawah terik matahari, karena akan merusak warna pada serat kain, yang biasanya membuat warna kain menjadi belang. Tidak perlu meremas terlalu keras pada saat menjemur,  cukup mengibaskannya untuk menghilangkan sisa air. 


Penyetrikaan

Gunakanlah setrika uap bila ada, jika tidak gunakan suhu yang rendah pada saat penyetrikaan pakaian batikmu. Ini berguna agar menjaga keawetan warna dan serat kain pada batik. 

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pounding Ecoprint Mudah

Cara membuat Shibori Tie Dye dengan Teknik Melipat (Itajime Shibori Tutorial)